Android terus menampakkan ‘kesaktiannya’ dan kian menantang pangsa pasar iOS dan platform mobile lainnya. Di Amerika Serikat (AS), Android kini menguasai 25 persen pangsa pasar sistem operasi (OS) mobile.Data terbaru ini dirilis oleh salah satu firma riset di AS bernama Quantcast. Dalam laporannya,Quantcast menyebut Android menampilkan performa yang begitu kuat dan sanggup membuat pangsa pasar iOS iPhone yang menjadi kompetitor terberatnya perlahan menurun.Seperti yang dikutip dari TG Daily, OS berlogo robot hijau itu mencapai pangsa pasar terbaiknya pada Agustus 2010 sebesar 25 persen, dalam riset yang dilakukan sejak November 2009.
Dalam catatan Quantcast, performa Android tersebut memperlihatkan peningkatan sebesar dua persen setiap bulannya dan 18,6 persen dari tahun ke tahun.“Ya, iOS mungkin memang masih menjadi raja di arena ini dengan keseluruhan pangsa pasar sebesar 56 persen. Namun perlu diingat, OS ini mengalami penurunan cukup signifikan, sebesar 11 persen dari periode yang sama di tahun lalu,” kata analis dari IntoMobile, Marin Perez.
Dikatakan olehnya, baik Android maupun iOS sama-sama masih tumbuh, seiring dengan melonjaknya pertumbuhan pasar smartphone. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Google mengklaim ada penambahan sekitar 200.000 unit smartphone berbasis Android setiap harinya. Sedangkan Apple mengatakan, setiap harinya, sekitar 230.000 unit perangkat berbasis iOS baru diaktifkan.
Lebih lanjut Perez memprediksi, kedua OS itu nantinya tak hanya terbatas digunakan untuk smartphone, namun akan segera merambah ke perangkat lain.