Baiklah, saya akan membicarakan tentang Android. Ya, siapa yang tak kenal Android yang dibuat sendiri oleh Google dan kini sudah banyak handphone atau lebih jelasnya smartphone yang menjalankan OS Android besutan Google ini (mulai dari versi 1.6 Cupcake sampai 2.2 Froyo).Kenapa banyak smartphone yang menjalankan OS Android? Karena belum ada virus yang dibuat untuk Android, fitur-fitur terbaru dari Android dan lain-lain (menurut saya).Versi pertama dari OS Android adalah v1.5 Cupcake. Versi inipun telah dijalankan oleh ponsel buatan HTC seperti: HTC G1, HTC Magic, dll.Kemudian semakin lama OS inipun semakin berkembang pesat hingga v2.2 Froyo pun akhirnya dirilis dan Google berani keluarkan smartphonenya yang diberi nama Google Nexus One yang bekerja sama dan versi awalnya saat itu adalah v2.1 Eclair yang kemudian dapat di upgrade ke v2.2.

Bahkan Google sudah merilis OS Android teranyar yakni OS Android 2.3 Gingerbread bersamaan dengan ponsel Google Nexus kedua yang menggandeng vendor Samsung. Dan saya akan membahas satu persatu versi yang dibuat oleh Google.



Android versi 1.1
ada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.







Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.



Android versi 1.6 (Dougnut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.





Android versi 2.2 ( Froyo )
Google kembali merilis Android terbarunya dan baru beberapa smartphone yang dapat menggunakannya dan itupun harus di upgrade.
Tapi jangan anggap remeh, Froyo ini menawarkan fitur yang sangat menarik dan menguntungkan untuk kita, seperti fitur yang dapat membuat hotspot Wi-Fi (sebenarnya Eclair juga sudah punya fitur itu). Pokoknya banyak deh.






Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.






Android versi 3.0 ( HoneyComb )





Gambar Release Android



Semoga Bermanfaat